KENALI CIRI-CIRI PERUQYAH SYAR’IYYAH

KENALI CIRI-CIRI PERUQYAH SYAR’IYYAH

Beberapa kali saya mendapat respon dari pengunjung blog yang menanyakan lokasi alamat ruqyah syar’iyyah atau meminta rekomendasi terapis atau klinik yang bisa ‘dipercaya”, alias praktek ruqyahnya sesuai dengan tuntunan syariat Islam. Ini salah satu problem yang harus diselesaikan bersama, yakni kemudahan ummat untuk menemukan peruqyah syar’iyyah.  Terapis ruqyah syar’iyyah memang tidak sebanyak ruqyah syirkiyyah, terlebih lagi saat ini banyak para praktisi pengobatan alternative yang juga menggunakan istilah ruqyah dalam praktek pengobatannya. Alhasil, ruqyah syar’iyyah menjadi kabur dan semakin sulit dikenali.

Problem utama ada 3 hal, yakni :

  1. Hampir semua Pasien, penderita sakit non medis tidak cukup ‘percaya diri’ untuk melakukan terapi mandiri.
  2. Penderita sakit nonmedis masih belum bisa mengenali dengan jelas bentuk praktek ruqyah syar’iyyah seperti apa.
  3. Sulit menemukan tempat atau orang yang melakukan ruqyah syar’iyyah.

Bagi kita yang sedang mengalami penyakit non medis, saya sangat menyarankan agar melakukan ruqyah mandiri, jika tidak dapat menemukan peruqyah syar’iyyah. Caranya sangat simple, yang dibutuhkan hanya keberanian untuk memulai. Hal ini jauh lebih aman dibandingkan jika kita berobat ke terapis ruqyah yang tidak syar’i. baik aman dari sisi aqidah maupun aman dari sisi gangguan jin-nya.

Akan tetapi jika Anda benar-benar ingin bertemu dan diterapi oleh peruqyah syar’iyyah maka perhatikan beberapa hal yang akan saya sebutkan berikut ini. Hal-hal berikut adalah hal-hal yang lazim ditemui dalam praktek ruqyah syar’iyyah. Saya tidak perlu menyebutkan bentuk-bentuk ruqyah syirkiyyah (ruqyah yg tidak sesuai dengan syar’i), karena pembahasan tersebut sudah sangat banyak kita temukan di internet. Yang ingin kita bahas dalam artikel ini adalah panduan praktis mengenali peruqyah syar’iyyah.

  1. Peruqyah syar’iyyah tidak tahu hal gaib. Dia tidak bisa melihat, merasakan, mengenali gangguan jin keberadaan jin secara ‘fisik’. Peruqyah syar’iyyah mendiagnosa dan menyimpulkan ada gangguan jin atau tidak HANYA BERDASARKAN GEJALA. Yang dilakukan oleh peruqyah sebenarnya hanya menghafalkan gejala-gejala dan reaksinya saat ruqyah. Dia tidak bisa menyimpulkan apapun tanpa data ini, yakni gejala, dan reaksi. Dari 2 hal ini peruqyah menyimpulkan apa yang terjadi pada diri pasein. Sehingga, dalam praktek ruqyah syar’iyyah, peruqyah selalu butuh dialog, sharing, dan menggali segala hal yang dialami pasien. Sebagian pasien yang iseng, mungkin akan bertanya:jika peruqyah tidak tahu,tidak melihat jin bagaimana dia bisa memberikan terapi? Simple saja jawabnya, karena peruqyah hafal gejala dan reaksi saat ruqyah. Dengan demikian, sebenarnya pola diagnosa gangguan penyakit non medis yang dilakukan peruqyah sama dengan yang dilakukan oleh dokter dalam pengobatan medis, yakni mengenali dari gejala dan data yang dirasakan pasien. Hanya itu.

Jadi, jika Anda dating ke peruqyah, amati dengan cermat apakah peruqyah ‘membutuhkan’ data dari kita ataukah tidak. Jika dia membutuhkan data dari kita, dialog, sharing, dan berusaha menggali semua yang kita rasakan, insyaAlloh peruqyah tersebut syar’i.

Masih dalam tema ini :

Peruqyah tidak bisa menyimpulkan dengan keyakinan final 100% ttg jenis gangguan karena gangguan jn adalah hal ghaib sedang dia tidak mengetahuinya.selain itu dia juga tidak bisa menyimpulkan sangat detail ttg apa yang dialami pasien seperti bentuk jin, jumlah jin yang mengganggu, asalnya dari mana dll. Semua ini tidak bisa dilakukan oleh peruqyah. Kesimpulan diagnose  dan saran yang dia berikan hanya bersifat kemungkinan-kemungkinan.

 

  1. Cara meruqyahnya.

Setelah kita mengenali cara peruqyah syari’iyyah dalam mendiagnosa sakit yang kita alami, langkah selanjutnya adalah memastikan cara meruqyahnya.

Cara meruqyah sebenarnya hanya dengan membacakan al qur’an saja, tidak lebih tidak kurang. lalu apa fungsi diagnosa? Tujuan diagnosa adalah untuk menemukan sumber gangguan dan sumber inilah yang harus diselesaikan oelh peruqyah dan si sakit, akan tetapi proses ruqyahnya sendiri, cukup dengan membacakan al quran. Jika ada tambahan, maka tambahan tersebut adalah tambahan pengembangan yang tidak menyimpang dari sunnah, misalnya ditambah dengan usapan, pukulan, pijatan,minum air ruqyah atau mandi air ruqyah atau dikombinasi dengan herbal.

Dalam proses terapi, semua yang dilakukan peruqyah HARUS sangat jelas bagi pasien. Apa yang dia baca, kenapa dia memberikan saran berupa amalan tertentu, smua harus dijelaskan dengan terang kepada pasien dan pasien berhak bertanya jika dia menginginkannya. Oleh karena itu, peruqyah syar’iyyah biasanya membaca al quran dengan tartil, nyaring, jika dia perlu memberi air maka air itu pun juga dia bacakan dihadapan si pasien, bahkan pasien bisa membaca sendiri.

Kesimpulan point kedua ini adalah dalam praktek meruqyah, semua yang dilakukan peruqyah syar’iyyah bisa diketahui dengan jelas oleh pasien, tidak ada yang tersembunyi, tidak melakukan hal-hal yang aneh, dan tidak masuk akal.

Dengan menggunakan 2 pemahaman diatas, mudah-mudahan kita yang sedang mengalami penyakit non medis, bisa menemukan peruqyah syar’iyyah dengan lebih mudah.

 

Semoga bermanfaat.

 

Wassalam

 

nadhif

 

4 responses

  1. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Maaf sebelumnya, saya bertanya tidak sesuai dengan topik diatas
    Ingin bertanya apakah artinya bermimipi menikam setan hingga tewas??
    soalnya saya lumayan sering bermimpi buruk dikejar setan, dari kecil hingga sekarang usia saya 23 tahun,
    saking seringnya hingga saya mulai dapat cara agar bisa lolos, mulai dari terbang hingga membaca ayat kursi ketika bermimpi..
    namun baru-baru ini saya melihat didalam mimpi saya ada setan botak ingin menakuti saya dengan mengejar saya, karena capek kali ya ato mungkin udah bosan menghadapi mimpi kayak gitu sayapun berbalik arah mendatanginya dengan mengeluarkan belati dari belakang punggung kemudian menikamnya hingga tewas..
    menurut bapak apakah mimpi saya berhubungan dengan ilmu santet atau godaan setan dan sebagainya??
    Terimaksih Sebelumnya

    1. silahkan hubungi sy di 081245885192 atau 085733744534

  2. Ass wr wb

    Saya belum lama ini bersama suami dan anak kembar saya berumur 3 th perempuan menghadiri reuni di salah satu tempat wisata, pulang dari acara tersebut salah satu anak saya badannya hangat dan keesokan hari panas hingga menjelang malam jam 12 panasnya tinggi dan dia teriak aku takut2… saya juga sepontan teriak walau saya tidak melihat apa2, suami, saya dan saudara ikut membacakan ayat kursi sampai berkali2 dan saya berusaha agar anak saya tetap sadar sampai dia masih ingat sama kembarannya ayahnya suruh pegang adenya hingga akhirnya saya bawa ke UGD jam 3 pagi dan tes darah normal hanya demam tinggi saya sungguh tidak tega dia tidak bisa tidur memejamkan mata karena perasaaan takut padahal dia sangat ngantuk, matanya lesu karena kata dokter sudah bisa pulang ya kami pul

    Pulang dr RS anak saya alhamdullilah bisa tidur walaupun saya masih khawatir anak saya masih gelisah dan panas tubuhnya turun naik dan tidak di kamar diluar tidurnya, khawatir malamnya tidak bisa tidur saya ajak ke rumah orang tua saya, di sini anak saya lebih tenang tidak tegang tapi perasaan cemas dia tidak mau di tinggal dan dari sorotan matanya seakan akan dia melihat sesuatu, panas badannya berangsur angsur turun menjelang hari ke 6 ternyata keluar bintik2 merah terkena tampek.

    Secara fisik penyakitnya sudah terdeteksi terkena tampek tetapi anak saya jadi was was agak rewel tidak mau di tinggal, dan dari ciri2 orang terkena gangguan jin sepertinya saya salah satunya saya klo sholat tidak bisa khusu pikiran kotor pun suka timbul begitu aja walau saya berusaha untuk mencegahnya dan karena keadaan anak saya seperti ini saya jadi ikut phobia, mohon bantuannya pa ustadz apa yang harus saya lakukan, terima kasih

    1. MOhon maaf agak lama balasannya. silahkan hubgi sy via sms atau tlp di 081245885192 atau 085733744534

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: