PELATIHAN RUQYAH

PELATIHAN RUQYAH SYAR’IYYAH

 

Alhamdulillahi rabbil ‘alamin…… Maret 2013 rencara untuk membuat sebuah modul pelatihan ruqyah syariyyah telah terwujud. Berawal dari salah seorang sahabat yang menginginkan pelatihan  ruqyah syar’iyyah untuk para terapi di tempatnya bekerja. Dan alhamdulillah, pelatihan ruqyah syar’iyyah dengan pendekatan da’awiy dan holistik terselenggara.

Ada 3 modul pelatihan ruqyah…hehe….Memang agak panjang untuk ukuran pelatihan ruqyah. Tapi benar Modul tersebut saya susun sedetail mungkin dan memang tidak cukup untuk dibahas 2-4 jam layaknya sebuah seminar. Tapi 3 modul ini benar-benar pelatihan.

Meruqyah dengan berbekal membaca buku, kitab-kitab hadist, atau berbekal artikel di internet, sebenarnya bisa dan cukup untuk kasus-kasus tertentu. Tapi ternyata tetap tidak mencukupi untuk kasus-kasu lain, terutama bagi peruqyah yang semakin hari semakin banyak menemui kasuss baru. Untuk menjadi terapis sesungguhnya hanya dibutuhkan 2 hal :

  1. Bekal ilmu yang lebih komprehensif tentang  dunia ruqyah dan pengobatan
  2. Jam terbang. Belajar ruqyah mungkin sama dengan belajar berenang, tidak cukup hanya membaca buku, tapi harus ditunjukkan bentuk kongkritnya dan setelah itu harus terjun praktek menjadi terapis

Ada sebagian kita menyimpulkan bahwa ruqyah itu mudah karena hanya cukup membaca al Qur’an maka gangguan akan selesai. Anggapan ini benar, tapi hanya untuk beberapa kasus-kasus, fakta yang saya temui tidak demikian. Begitu banyak kasus-kasus yang membutuhkan pendekatan khusus dalam proses terapinya. Sehingga pada akhirnya bentuk terapi ruqyah yang dilakukan tidak hanya membacakan Ayat-ayat ruqyah saja. Faktanya ruqyah adalah sebuah metode pengobatan, oleh karenanya dalam ruqyah berlaku proses seperti yang terjadi dalam pengobatan lain. Dalam ruqyah perlu diagnosa, perlu standar terapi, perlu ukuran kesembuhan dan batas waktu terapi, perlu  ‘dosis’  yang tepat sesuai jenis sakit dan kondisi penderita, dan seterusnya. Benar, penguasaan konsep dan skill mutlak dibutuhkan.

Oleh sebab itu, tidak berlebihan jika saya berkesimpulan bahwa menjadi terapis ruqyah sya’iyyah tidak sesederhana yang dibayangkan. Tapi ruqyah syar’iyyah jauh dan jauh lebih sederhana dibandingkan dengan jenis-jenis terapi lain. Tapi ini menurut saya, bisa jadi salah ..hehe..

Bi idznillah, alhmdulillah, 3 modul pembelajaran yang saya rencanakan terwujud dan telah saya uji coba di Banjarmasin Maret 2013, di Klinik “Pondok Sehat AlWahida’ Banjarmasin.

Sebenarnya 3 modul ini seharusnya disampaikan pada 3 waktu yang berbeda, tetapi karena situasi tidak memungkinkan maka modul 1 dan 2 dapat disampaikan dalam 1 waktu. Kenapa perlu waktu yang berbeda?

Karena 3 Modul tersebut dibuat dengan 3 segmen berbeda, yaitu

Modul 1 : untuk mereka yang benar-benar belum pernah mengerti tentang ruqyah.

Modul 2 : untuk mereka yang pernah meruqyah minimal 50 dengan menggunakan modul 1

Modul 3 : untuk mereka yang  sudah mereka yang telah meruqyah 50 orang dengan modul 2.

Sebelum kita lanjutkan, perlu diperhatikan bahwa

3 MODUL TERSEBUT TIDAK DIPERJUALBELIKAN, DAN HANYA BISA DIDAPATKAN DALAM PELATIHAN

 Kenapa ada syarat tersebut? Sebagaimana yang saya singgung diatas, ruqyah syar’iyyah butuh 2 hal : ilmu dan jam terbang. Peruqyah harus tahu kasus, harus tahu tentang tipu daya jin, harus tahu pasien, dan harus tahu liku-liku menterapi dan pada akhirnya peruqyah harus bisa ‘mengukur’ sakit yang sedang di derita pasien lalu memberikan standar terapi yang sesuai. Sehingga setiap materi tidak boleh hanya menjadi pengetahuan tetapi harus benar-benar merasakan bentuk riilnya. Inilah alasan saya perlunya latihan praktek langsung agar skill sebagai terapis benar-benar tumbuh, sebelum mendapatkan materi-materi berikutnya.

Tujuan utama saya bukanlah sosialisasi ruqyah syar’iyyah saja, tetapi mencetak Terapis, dan sungguh, menjadi terapis ruqyah syar’iyyah tidak sesederhana yang dibayangkan. Meski semua itu dapat disederhanakan jika proses pembelajaran kita benar, InsyaAlloh. Saya berdoa mudah-mudahan 3 modul yang telah tersusun tersebut bermanfaat dan memberikan frame yang kokoh dalam pengobatan Ruqyah Syar’iyyah.  Sebuah model pendekatan baru dalam ruqyah syar’iyyah yang lebih holistik, simple, syar’I, jauh dari kesan sulit atau menakutkan, dan berkah InsyaAlloh.

Baiklah, berikut akan saya jelaskan sekilas tentang ketiga modul Ruqyah syar’iyyah tersebut.

MODUL 1

  1. Tujuan modul 1 adalah memberikan pemahaman dasar tentang ruqyah syar’iyyah dan teknis terapi praktis, praktisi dapat memberikan bantuan untuk pasien dalam kondisi darurat atau menterapi dengan model terapi standar. Target Modul 1 ini adalah terapis dapat memberikan layanan terapi. Situasi terapi : pasien siap diterapi, bukan dalam situasi darurat.
  2. Jumlah materi 19 judul materi dan sub materi, meliputi, hal-hal syari dalam ruqyah, syubhat-syubhat dalam ruqyah,pengenalan  4 jenis penyakit non medis (penyakit non medis tidak hanya gangguan jin dan sihir),  cara mendiagnosa gangguan jin secara cepat bagian 1, 8 sumber utama gangguan jin, cara mendeteksi keberadaan jin, reaksi ruqyah dan cara penanganannya,cara meruqyah sesuai syariat, cara memilih ayat yang sesuai untuk terapi, air ruqyah, meruqyah rumah,teknik-teknik “pertarungan” seperti menyembelih, mengikat, membakar, menyiksa, mengikat jin pengganggu, menginterogasi jin pengganggu, menyadarkan pasien dalam kondisi darurat, air ruqyah, praktek terapi dan lain-lain.
  3. Modul  1 disampaikan dalam tatap muka 8-10 jam.
  4. Modul 1 bersifat terbatas, hanya disampaikan melalui pelatihan
  5. Syarat peserta :
    1. Memiliki pemahaman dasar-dasar aqidah ahlusunnah Beraqidah lurus
    2. Tidak memiliki latar belakang : tenaga dalam, ilmu hikmah, thoriqat dan kanuragan.
    3. Belum pernah praktek ruqyah lebih diutamakan
    4. Jumlah peserta minimal 5 orang.

MODUL 2

  1. Tujuan Modul 2 adalah memberikan pemahamn tentang ruqyah syariyyah untuk gangguan jin lebih lanjut, teknik diagnosa yang lebih simple dan cepat
  2. Jumlah materi ada 17 materi , meliputi pola dan siklus gangguan jin, penyakit non medis bagian 2, teknik diagnosa penyakit non medis 2, Menafsirkan reaksi ruqyah, takwil mimpi bagian 1, sihir, ‘ain, teknik-teknik terapi, memperkirakan kesembuhan pasien,meruqyah efektif tanpa sentuhan, teknik-teknik ‘pertarungan’, titik pijat refleksi dan bekam khusus untuk ruqyah, komunikasi dg jin,ruqyah massal, contoh Terapi kasus-kasus : ruqyah untuk mengakhiri jimat, pelet, isian, kanuragan, wirid, ilmu kesaktian, gangguan pada anak-anak, ruqyah tempat usaha, ruqyah untuk jodoh, was-was, tenaga dalam, problem rumah tangga, kecanduan, kelainan orientasi seksual, dan lain-lain
  3. Modul 2 disampaikan dalam tatap muka 8-10 jam
  4. Modul 2 bersifat terbatas, hanya disampaiakn kepada peserta yang telah mengikuti Modul 1
  5. Jumlah peserta minimal 5 orang
  6. Syarat peserta :
    1. Memiliki pemahaman dasar-dasar aqidah ahlusunnah Beraqidah lurus
    2. Tidak memiliki latar belakang : tenaga dalam, ilmu hikmah, thoriqat dan kanuragan.
    3. Telah mengikuti Modul 1
    4. Jumlah peserta minimal 5 orang.

Ada testimoni ??

Berikut ini testimoni beberapa peserta pelatihan Ruqyah Syar’iyyah angkatan ke I yang telah mendapatkan materi Modul 1 dan 2, bertempat di PONDOK SEHAT AL WAHIDA, Jl Arjuna (Belakang Poltabes) BANJARMASIN

1.       METY ANDRIYANI

(Konsultan Pondok Sehat Alwahida Banjarmasin)

 Tanggapan tentang training ruqyah bagus, pembahasannya sederhana (menyederhanakan pembahasan yang sulit) dan aplikatif (praktis). Jadi ga sekedar teori tapi sampe hal-hal konkrit yang bisa kita lakukan. Cocok sekali bagi pemula dan orang yang baru mulai belajar ruqyah.

Bagi praktisi bekam, belajar tentang ruqyah ini bisa menambah tsaqofah tentang kesehatan untuk membantu mendiagnosa mengobati pasien lebih holistik

Asiknya: sepakat banget semua penyakit diawali dari penegakan diagnosa.

2.       MARLINA ASH SHAFIYYAH

(Terapis Bekam dan Ruqyah Akhwat Pondok Sehat Alwahida Banjarmasin)

 Alhamdulillah, puji syukur kepada Allah sehingga saya bisa mengikuti pelatihan ruqyah syariyyah. Apa yang telah disampaikan ust Nadhif selama 3 hari pelatihan menambah keilmuan dan wawasan terkait ruqyah.

Saya semakin semangat untuk menjadi salah satu peruqyah syariyyah. Semoga Allah mengizinkan. Pendekatan kepada pasien yang diajarkan ust Nadhif begitu unik. Karena belum pernah saya temukan dari beberapa peruqyah yang saya kenal.

Semoga saya dan juga kawan-kawan peserta lainnya bisa mengamalkan ilmu yang didapatkan dipelatihan ini.

Syukron katsir ust. Semoga ilmu yang ust berikan berkah dan bermanfaat bagi orang lain.

3.       MARIANI

(Konsultan Dan Terapis Bekam Pondok Sehat Alwahida Banjarmasin)

 Setelah saya mengikuti pelatihan Ruqyah, banyak hal yang didapat yang selama ini Frame berpikir yang keliru tentang ruqyah dan peruqyah serta syubhat-syubhat dalam dunia ruqyah. Dan setelah ini, justru saya tertarik dengan dunia ruqyah dan ingin bisa berbagi kebaikan dengan iklas karena Allah.

4.       LAILY AN NAWAWI

(Konsultan Pondok Sehat Alwahida)

 Pelatihan ruqyah ini adalah pelatihan ruqyah pertama saya. Saya sangat bersemangat dengan adanya acara ini. Dan kesan saya tentang pelatihan ini, subhanallah, luar biasa.

Saya orang yang awam dengan ruqyah, tetapi materi yang disampaikan Ustadz Nadhif sangat simple dan mudah dipahami, juga sistematis.

Motivasi yang diberikan juga membuat saya bersemangat belajar ruqyah dan mempraktekkannya.

5.       Amy Syabah Ar Roqyi

(Peruqyah Akhwat Pondok Sehat Alwahida Banjarmasin)

Ya Allah terima kasih telah mempertemukan hamba dengan seorang guru ruqyah yang luar biasa dan inspiratif.

Alhamdulillah, sekarang perjuangan para praktisi ruqyah mulai menampakkan hasilnya ditengah masyarakat, terbukti dengan meningkatnya antusias masyarakat terkait terapi ruqyah.

Pelatihan ini adalah pelatihan yang benar-benar membentuk seorang peruqyah, bukan hanya sekedar tausiah tentang ruqyah. Selama mengikuti pelatihan, saya menemukan ilmu baru yang belum pernah saya dapat sebelumnya.

Pendekatan dan teknik ruqyah yang beliau ajarkan praktis, sederhana, dan aman untuk terapis ruqyah akhwat. Analisis sumber gangguan yang saya dapat dipelatihan ini komplit dan holistik. Penanganan reaksi pasien saat diterapi juga mudah dan hemat energi.

Awalnya ada peserta yang bertanya tentang pelatihan ini kepada saya selaku panitia. Apakah ini pelatihan ruqyah atau tausiyah ruqyah biasa? Karena kebanyak pelatihan ruqyah yang ditemukan diluar hanya berisi tausiyah saja sekalipun mengklaim bahwa acaranya adalah pelatihan ruqyah. Bentuk pelatihan ini cocok dijadikan standar pelatihan ruqyah karena benar-benar dilatih dan dibimbing dalam praktek langsung saat menangani pasien, bukan hanya tausiah ruqyah saja. Saya akan menggunakan pola pelatihan semacam ini (insya Allah) saat saya mengisi pelatihan ruqyah.

6.      RAHMAT AMIN AVICENNA MANGUNANG

(Terapis Bekam Pondok Sehat Alwahida)

 Konsep materi ruqyah yang disampaikan Ust Nadhif benar-benar mudah dipahami.

Alhamdulillah, setelah mengikuti pelatihan dari beliau, saya berkeyakinan bahwa ruqyah merupakan salah satu pengobatan utama yang islami dan mempunyai sifat holistik. Semoga Allah menyertai kebaikan dan keberkahan dari kegiatan dan ilmu yang didapat dari pelatihan ruqyah ini.

Baik, kita kembali ke Modul…:)

MODUL 3

  1. Modul 3 bertujuan untuk memberikan teknik-tekni praktis tanpa melalui proses panjang dalam diagnosa dan terapi. Serta mengarahkan terapis untuk melihat gangguan jin secara lebih komprehensif, dengan harapan diagnosa jauh lebih akurat dan terapi lebih singkat.
  2. Jumlah materi 18, meliputi : Pendekatan holistik dalam ruqyah, diagnosa penyakit non medis bagian 3, Diagnosa (mendeteksi tingkat gangguan pada pasien (mengukur berat dan ringannya, jumlah gangguan dan penyebaran gangguan, memperkirakan waktu kesembuhan), diagnosa gangguan jin melalui wajah, komunikasi efektif dengan pasien, terapi mandiri tingkat lanjut, ruqyah keluarga, takwil mimpi 2, kombinasi herbal, teknik terapi tingkat lanjut : simple dan efektif, standart klinik ruqyah dan lain-lain
  3. Modul 3 disampaikan dalam tatap muka 8-10 jam
  4. Modul 3 bersifat terbatas, hanya disampaikan kepada peserta yang telah mengikuti Modul 2
  5. Jumlah peserta minimal 5 orang
  6. Syarat peserta :
    1. Memiliki pemahaman dasar-dasar aqidah ahlusunnah Beraqidah lurus
    2. Tidak memiliki latar belakang : tenaga dalam, ilmu hikmah, thoriqat dan kanuragan. kecuali jika bersedia berhenti total dari ilmu-ilmu tersebut.
    3. Telah mengikuti Modul 2
    4. Jumlah peserta minimal 5 orang.

NB : dalam kondisi tertentu, Modul 1 dan 2 dapat disampaikan dalam 2 hari berturut-turut tanpa menunggu peserta sudah praktek meruqyah hingga menterapi 50 orang. Sedangkan Modul 3, peserta harus sudah praktek meruqyah minimal 50 orang berbeda.

Selain mendapatkan Modul peserta juga akan mendapatkan

Suplemen Pelatihan berupa

  1. Ebook : Mengenali Gangguan jin Tanpa Indera Keenam dan Tanpa Ilmu Kesaktian, kumpulan hadits
  2. Kumpulan Hadist-hadist tentang Ruqyah, thib Nabawi, Setan, dan Mimpi dari Kitab 9 Imam (BUKHORI,MUSLIM,NASAI,MALIK, IBNU MAJAH, AHMAD,TIRMIDZI,ABU DAUD,DARIMI . Hadist-hadist tersebut telah kumpulkan lebih dari 1000 hadist khusus tentang ruqyah dan thibbunnabawi. Tentu format terjemahan, dan berita kurang bagusnya, kumpulan hadist ini tidak ada di toko..karena memang say kumpulin sendiri.. J

Ada testimoni modul 3???

Belum ada karena Modul 3 baru belum pernah saya sampaikan dimanapun kecuali kepada mereka yang pernah ruqyah di rumah saya atau beberapa kawan peruqyah yang kebetulan menangani kasus klien dan perlu menggunakan materi di Modul 3 ini.

Secara resmi modul 3 baru disampaikan di pelatihan Ruqyah Syar’iyyah Angkatan ke 2, bertempat di PONDOK SEHAT AL WAHIDA BANJARMASIN.

Akhirnya, saya hanya bisa mengucapkan Alhamdulillah telah tersusun 3 modul diatas semoga bermanfaat untuk umat, amin.  Tapi sekali lagi mohon maaf , modul-modul diatas hanya disampaikan dalam pelatihan, tidak dijual bebas. J

Jika Anda ingin mengadakan pelatihan ruqyah

silahkan hubungi saya di no 081 245 885 192 atau 085 733 744 534

Untuk jadwal Pelatihan Ruqyah Syar’iyyah silahkan klik disini.

Semoga bermanfaat

Wassalam

4 responses

  1. apakah d jkt ada..? untuk blajar ruqiyah…sbb sy ingin skali belajar ruqiyah..

  2. saya sangat ingin sekali belajar dan bisa meruqiyah saudara2 kita yg terkena gangguan jin dan setan secara ikhlah, di mana saya bisa mendapatkan ilmu pengetahuan/pembelajaran tentang tata cara meruqiyah yg benar ???, saya tinggal di Padang Sumatera Barat

  3. ajari saya cara rukiyah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: